Rabu, 10 November 2010

Kisah penjaga Merapi mati bersujud
Posted on Wednesday, November 03 @ 18:00:00 PDT
Dilulus untuk paparan oleh CyberSniper

Luar Negara Oleh: satubenih

"VIVAnews - Jarum jam menunjukkan pukul 04.00 WIB. Rabu itu, 27 Oktober 2010, hari masih gelap, tapi rombongan pasukan SAR telah bersiap sedia. Mereka adalah pasukan evakuasi gelombang kedua yang hendak mencari korban debu panas Gunung Merapi. Mereka bergegas berangkat dari posko yang letaknya 1 km dari dusun yang akhir-akhir ini jadi begitu terkenal, Kinahrejo.

Berdua-duaan mereka membonceng motosikal menuju ke atas. Ada pula yang berjalan kaki. Semua dilakukan dengan cepat, menuju kawasan yang telah ditentukan semasa briefing. Di antara rombongan seramai 24 orang itu, Hidayat Wahid, jurukamera tvOne--yang terkenal dengan nama Don Wahid--berada di barisan hadapan.

Dan kekhuatiran mereka akhirnya terbukti.

Mereka menemui jenazah pertama tergolek di pinggiran jalan. Pasukan SAR terus memasukkannya ke dalam kantung mayat, dan kembali meneruskan pencarian.

Cahaya pagi mulai kelihatan, memperjelaskan pandangan mengerikan di sepanjang perjalanan. Di kanan-kiri semua hancur. Pohon dan tanaman tumbang, hangus, kering, berselimut debu gunung berapi yang masih dapat menembusi masker, walaupun mempunyai dua lapisan. Bagi Don Wahid, suasana kehancuran ini seperti mimpi. Sepi, mencengkam.

Kinahrejo berada di hadapan. Rumah-rumah kelihatan rosak teruk. Cuma Masjid Al Amien yang masih tampak bentuk aslinya. Bulu roma Don naik ketika ia memasuki rumah Mbah Maridjan (gambar), penjaga kunci Gunung Merapi yang dulu sering menjadi teman bersembangnya ketika masih bergelar mahasiswa pencinta alam.


Kerusi-kerusi kayu panjang tempat si Mbah sering duduk berehat di depan, sudah lenyap. Rumah itu kini menjadi sisa-sisa runtuhan yang berserakan. Beberapa bahagiannya bahkan tertutup debu putih hingga setebal 30 sm. (Gamabar bawah - sehari sebelum wafat)


Pasukan SAR terus bergerak menuju ke bahagian belakang rumah Mbah Maridjan yang berbentuk huruf ‘L’. Perlahan-lahan mereka menggali tumpukan debu. Tiba-tiba, pandangan mereka tertumpu kepada sesosok jenazah yang tertindih runtuhan kayu. Posisinya sedang bersujud.

“Mbah, Mbah...,” beberapa anggota pasukan SAR berteriak, sambil mengalihkan sisa-sisa kayu dengan serta-merta.

Don tersandar. Dia tidak percaya bahawa tubuh yang tidak bernyawa itu adalah Mbah Mardijan. Lebih-lebih lagi apabila tersebar berita sebelumnya bahawa Mbah Maridjan telah ditemui selamat, meskipun dalam kondisi lemah. Tapi, beberapa anggota pasukan SAR yang amat mengenali Mbah Maridjan meyakinkannya bahwa itu memang jenazah si penjaga Merapi.

Pakaian koyak yang melekat di tubuh itu memang batik dan sarung yang biasa dipakai Mbah. Salawat pun bergema. Air mata Don dan anggota pasukan lain jatuh berlinangan. Mereka pun memasukkan jenazah Mbah ke dalam kantung mayat, menuliskan huruf ‘M’ di atasnya dengan pen marker, dan terus dihantar ke RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta.

Roger...

Bagi sebahagian anggota pasukan SAR, Mbah Maridjan memang bukan orang asing. Bila mendaki Merapi melalui laluan Selatan, mereka selalu melawat terlebih dahulu ke tempat Si Mbah. Di rumah yang kini telah porak poranda itu, dulunya adalah tempat mereka sering duduk bersembang.

Kerana hubungannya dengan pemuda pencinta alam itulah, yang selalu membawa alat komunikasi radio handy talkie, si Mbah mengenal istilah ‘roger’. Maka, jangan hairan bila di akhir percakapannya, Mbah Maridjan sering mengakhiri dengan kata "..., roger.”

Kenangan itu kini terkubur dalam lapisan debu Merapi.

Pada 26 Oktober 2010, pukul 17.02 WIB Merapi mulai ‘batuk’ lagi, sejak meletus kali terakhir pada 2006. Dikatakan, pada letusan yang kelapan pada pukul 18.21 WIB, Merapi mengembuskan debu panas yang dipanggil wedhus gembel yang menyapu bersih dusun Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Sehingga berita ini dilaporkan, awan piroklastik itu sudah meragut nyawa sekurang-kurangnya 36 orang di Kinahrejo dan dusun sekitarnya, termasuk juruedit kanan VIVAnews.com Yuniawan Wahyu Nugroho dan sukarelawan PMI Sleman, Tutur Prijono.

Sebenarnya, Wawan--nama timangan Yuniawan--dan Tutur, mempunyai cukup masa untuk meninggalkan Kinahrejo, bersama Agus Wiyarto (pembantu dan saudara Mbah Maridjan), anggota keluarga si Mbah, dan beberapa penduduk desa. Akan tetapi, sesampainya di Umbulharjo, dengan menaiki minibus Suzuki APV, Tutur dan Wawan berkeras untuk kembali menjemput Mbah Maridjan yang memilih bertahan di rumahnya. Di tengah hari yang mulai gelap, mereka tiba-tiba dihujani bara wedhus gembel.

Pasukan evakuasi gelombang pertama menemui jenazah mereka di belakang kenderaan APV yang diletakkan di depan rumah Mbah Maridjan. Ketika ditemui, enjin masih dihidupkan dengan dengan pintu terbuka. Kemungkinan, Wawan dan Tutur sedang menunggu Mbah Maridjan yang sedang bersolat.



Mbah Maridjan dikenali sebagai seorang yang tidak pernah meninggalkan solat lima waktu. Menurut Agus Wiyarto, si Mbah selalu bergegas meninggalkan segala aktivitinya jika terdengar azan. Jika ada tamu, si Mbah selalu mengajak solat bersama.

Kebiasaan itu masih lekat dalam ingatan Jangkung Suseno Aji, jurukamera Rumah Produksi Indigo. Selesai mewawancarai si Mbah pada 2006, Seno dan wartawannya bersiap untuk pulang. Namun, karena sudah malam, si Mbah menyarankan mereka untuk bermalam.

“Jangan pulang dulu, salat dulu. Balik pagi besok, sekarang sudah gelap,” kata Mbah Maridjan dalam bahasa Jawa.

Sepanjang malam, Si Mbah bercerita banyak hal sambil menyelitkan nasihat-nasihatnya. Meskipun apa yang diucapkannya nampak tidak penting dan mudah, perkataan si Mbah buat Seno ada maksud yang mendalam.

Ketika Merapi kembali aktif pada pertengahan April-Mei 2006, banyak wartawan datang membuat liputan. Mbah Maridjan berkali-kali mengatakan, “Kenapa datang ke sini? Merapi kan sering batuk-batuk. Kenapa tidak ke Selatan, akan terjadi sesuatu di sana.”

Dua minggu selepas itu--entah kebetulan entah tidak--ucapan Mbah Maridjan terbukti. Pada 27 Mei 2006, Yogyakarta digoncang gempa dan menelan lebih dari 6,200 korban jiwa.

Tiga minggu sesudahnya, pada 8 Jun, gunung berapi itu menyemburkan debu panas, melewati kawasan Kaliadem. Namun, ketika itu wedhus gembel tidak menyiram Kinahrejo sehingga Mbah Maridjan dan warga pengikutnya yang memilih untuk bertahan, selamat.

Gaji Rp8,000

Bagi warga sekitar Merapi, Mbah Maridjan adalah tokoh pemimpin. Apalagi, datuk yang lahir 83 tahun lalu itu adalah anak kepada penjaga kunci Merapi sebelumnya, Mbah Hargo. Dia mula terlibat sebagai pembantu penjaga kunci sejak 1965, sebelum diangkat menjadi jurukhidmat istana pada 1974.

Apabila ayahnya meninggal dunia, jejaka yang nama aslinya Mas Penewu Surakso Hargo itu akhirnya dilantik menjadi penjaga kunci oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX dengan gelaran Raden Ngabehi Surakso Hargo.


Sebagai penjaga kunci, beliau diamanahkan untuk menjaga dan mengawasi Merapi.
Menurut keterangan Agus, untuk jawatannya itu si Mbah hanya diberi gaji Rp8,000 sebulan.

Ketika si Mbah menjadi bintang iklan Kuku Bima Energi, ramai yang bertanya kenapa tiba-tiba si penjaga Merapi jadi komersil. Tentang ini, Irwan Hidayat, CEO Sido Muncul, bercerita.

Pertama kali bertemu Mbah Maridjan, beliau dibawa oleh almarhum Sumadi Wonohito, pemilik Harian Kedaulatan Rakyat. Di awal pertemuan, Irwan diperkenalkan sebagai seorang pengusaha kaya dari Jakarta. Mendengar itu, reaksi si Mbah biasa-biasa saja. Menoleh pun tidak. Sekadar menjaga kesopanan, ia hanya berkata, “Inggih, inggih... (iya, iya...)."

Setelah Irwan memperkenalkan diri sebagai adik ipar Anton Sujarwo, si Mbah menoleh dan bersikap ramah. “Saya tidak tahu kalau Bapak adik ipar Pak Anton,” cerita Irwan.

Ditawar menjadi maskot Kuku Bima, si Mbah pada mulanya menolak. Dia kemudiannya menerima setelah dipujuk Irwan yang sering mengaitkan dengan nama Anton Sujarwo. “Pak Anton itu orang baik. Kerana beliaulah, warga di sini bisa mendapat air, memelihara ternakan, dan sebagainya,” kata Irwan sambil meniru gaya cakap Mbah Maridjan.

Mbalelo

Diceritakan Agus, si Mbah adalah seorang yang bersahaja. Beliau berpegang kepada prinsip bahawa seorang manusia itu mempunyai nilai dan dianggap pekerja apabila dia mampu menunaikan amanah dan tanggungjawab. Inilah prinsip yang diamalkannya apabila memegang jawatan sebagai pemegang kunci.

Kerana itulah dia sering membantah apabila ada yang mengatakan Merapi itu merbahaya. Setiap kali Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian mengeluarkan data peningkatan aktiviti Merapi, Mbah Maridjan enggan dipindahkan. Beliau berasa sudah menjadi tugasnya untuk menjaga Merapi sampai akhir hayat.

Anton Sujarwo, tokoh yang mengenali Mbah Hargo, mengatakan sifat-sifat Mbah Maridjan itu menurun dari ayahnya. “Mbah Hargo menurunkan sifat-sifat keteguhan hati, dedikasi, dan pengabdian,” katanya.

Anton mengenali Mbah Hargo sejak 1970, ketika yayasannya, Dian Desa, memulakan projek sosial pemasangan jaringan paip air bersih ke tujuh dusun di sekitar lereng Merapi. Menurutnya, pengabdian itu diwujudkan si Mbah dalam bentuk kerelaan hidup sederhana di tempat berbahaya seperti Merapi.

Karena keteguhan hatinya itu, tidak hairanlah Mbah Maridjan disebut sebagai seorang yang keras kepala. Malah Sri Sultan HB X sendiri menyebut si Mbah sebagai abdi dalem yang mbalelo (jurukhidmat istana yang membangkang).

Pada 15 Mei 2006, Merapi meletus. Presiden SBY meninjau dan bermalam di lokasi. Seluruh ketua dusun di sekitar Merapi menghadap. Cuma seorang yang tidak hadir. Dia adalah Mbah Maridjan.

Ketika Sri Sultan HB X sendiri memujuk Mbah Maridjan untuk berpindah, beliau tidak menghiraukannya.

"Wartawan, tentera, polis ada tugas. Saya pun ada tugas untuk tetap di sini," katanya.

Si Mbah rupanya kerap tidak bersependapat dengan Sri Sultan HB X. Menurut Agus, contohnya dalam reaksi beliau ketika Raja Jawa itu mencalonkan diri menjadi Presiden.

“Kalau Sri Sultan menjadi presiden, nanti Beliau didemo orang. Lebih baik Beliau menjadi Raja Jawa saja, tidak akan ada yang mendemo," Agus menirukan si Mbah. "Mbok yo ojo nggolek jenang, ning jeneng. Yen nggolek jenang, mengko jenenge keri. Nanging yen nggolek jeneng, jenange katut.” (Semestinya jangan mencari jenang [dodol], tapi mencari jeneng [nama baik, kehormatan]. Kalau mencari jenang, nanti jeneng-nya hilang. Tapi kalau mencari jeneng, jenang sudah pasti termasuk di dalamnya].

Sikap keras kepala itu juga yang ditunjukkan dia sampai akhir hidupnya. Lima hari sebelum Merapi meletus, kata Agus, si Mbah masih yakin yang aliran larva aliran Merapi akan mengarah ke Kali Opak dan berhenti di Gunung Anyar, tanpa melukai penduduk.

Mendengar peringatan pemerintah, Mbah Maridjan cuma berkali-kali bekata, “Ning arep mati ojo keakehan polah. Nrimalah (kalau akan meninggal, jangan cuba mengelak. Berpasrah diri sajalah)."

Di kala Merapi masih memuntahkan bahan panas ke angkasa, nisan Mbah Maridjan ditancapkan di tanah pemakaman keluarga di Dusun Srunen, Desa Glagahharjo, Cangkringan. Jasad sang penjaga Merapi kini bersatu dengan bumi yang selama ini dijaganya.

Selamat jalan, Mbah. Roger...
(Laporan: KDW dan Fajar Sodiq, Yogyakarta | kd) Sumber tranungkite online

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Cari Blog Ini

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Catatan Popular